eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TANJUNG REDEB KABUPATEN BERAU (Ardie Gunawan )

Submitted by: ,
On: Nov 9, 2015 @ 8:37 AM
IP: 36.82.228.156

  • Judul artikel eJournal: EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TANJUNG REDEB KABUPATEN BERAU
  • Pengarang (nama mhs): Ardie Gunawan
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Abstrak
    Penelitian ini menganalisis efektivitas kerja pegawai di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau dari segi kemampuan menyesuaikan diri, prestasi kerja, dan kepuasan kerja. Kemampuan menyesuaikan diri sendiri dilihati dari 3 indikator yaitu situasi, komunikasi, dan kerjasama. Selanjutnya prestasi kerja ditinjau dari keterampilan, kedisiplinan, dan kerjasama. Sedangkan kepuasan kerja diukur melalui pembagian tugas, organisasi dan manajemen, kesempatan untuk maju, dan gaji.
    Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan dan studi lapangan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya efektivitas kerja pegawai di KUA Kecamatan Tanjung Redeb dapat diraih. Kemampuan menyesuaikan diri pegawai sangat baik, dengan kondusifnya kondisi kantor, baiknya komunikasi antar pegawai, dan kerjasama yang baik. Dilihat dari segi prestasi kerja pun sudang baik dibuktikan dengan baiknya tingkat kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap pekerjaan, namun dilihat dari segi kemampuan/keterampilan dapat dikatakan sedang. Selanjutnya dari segi kepuasan kerja dapat diraih karena para pegawai mendapatkan pembagian tugas yang jelas, organisasi dan menajemen yang baik, serta selalu diberikan kesempatan untuk maju. Namun, dari segi gaji pegawai mengaku belum cukup jika dibandingkan dengan beban pekerjaan yang dipikul. Dalam rangka mencapai efektivitas kerja ini juga dipengaruhi oleh faktor penghambat dan pendukung. Faktor penghambatnya merupakan masalah teknis seperti masalah kelistrikan. Sedangkan faktor pendukung ialah rasa tanggung jawab yang tinggi dari para pegawai serta pengawasan yang ketat dari pimpinan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): efektivitas, pelayanan publik, kantor urusan agama, Kabupaten Berau
  • NIM: 1102015094
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle, M. AP & Dr. Bambang Irawan, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 3
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL FIX (11-09-15-08-37-18).doc (91 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL FIX (11-09-15-08-37-18).pdf (62 kB)