eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

IMPLEMENTASI SURAT KEPUTUSAN WALIKOTA SAMARINDA NOMOR : 463/293/HK-KS/IV/2013 TENTANG PENUNJUKAN DAN PENETAPAN KECAMATAN MENUJU KECAMATAN LAYAK ANAK DI KECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA (Zainul Lukman)

Submitted by: ,
On: May 17, 2018 @ 4:13 AM
IP: 180.248.87.69

  • Judul artikel eJournal: IMPLEMENTASI SURAT KEPUTUSAN WALIKOTA SAMARINDA NOMOR : 463/293/HK-KS/IV/2013 TENTANG PENUNJUKAN DAN PENETAPAN KECAMATAN MENUJU KECAMATAN LAYAK ANAK DI KECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Zainul Lukman
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Zainul Lukman, Implementasi Surat Keputusan Walikota Samarinda Nomor : 463/293/HK-KS/IV/2013 tentang Penunjukan dan Penetapan Kecamatan menuju Kecamatan Layak Anak di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda, dibawah bimbingan yang saya hormati Bapak Dr. Djumadi, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Dr. Fajar Apriani, S.Sos. M.Si selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Surat Keputusan Walikota Samarinda Nomor : 463/293/HK-KS/IV/2013 tentang Penunjukan dan Penetapan Kecamatan menuju Kecamatan Layak Anak di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda, dan untuk menganalisis faktor penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini mengacu pada implementasi Surat Keputusan Walikota Samarinda Nomor: 463/293/HK-KS/IV/2013 tentang Penunjukan dan Penetapan Kecamatan menuju Kecamatan Layak Anak, yaitu tingkat keberhasilan implementasi kebijakan yang meliputi : kepentingan yang mempengaruhi kebijakan, manfaat kebijakan, pelaksana program, sumberdaya yang digunakan, serta faktor penghambat dalam pelaksanaan program Kecamatan Layak Anak. Sumber data diperoleh dari data primer melalui Camat Samarinda Ulu selaku key informan dan staf Kecamatan Samarinda Ulu dan masyarakat selaku informan dalam penelitian. Data sekunder berasal dari arsip dan dokumen-dokumen Surat Keputusan Walikota Samarinda tentang Penunjukan dan Penetapan Kecamatan menuju Kecamatan Layak Anak, maupun dokumen lain yang terkait dengan penelitian ini. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis data interaktif oleh Milles, Huberman dan Saldana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui implementasi Surat Keputusan Walikota Samarinda Nomor : 463/293/HK-KS/IV/2013 tentang Penunjukan dan Penetapan Kecamatan menuju Kecamatan Layak Anak di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda belum berhasil karena masih banyak di faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan program KLA. Program ini adalah kebijakan turunan dari pemerintah pusat yang pelaksanaannya sampai pada tingkat kelurahan. Manfaat dari program KLA perwakilan dari anak-anak yang tergabung dalam forum anak dapat mengikuti musyawarah-musyawarah pembangunan yang diadakan di tingkat kelurahan dan kecamatan. Pelaksana utama KLA adalah Pemerintah Kecamatan Samarinda Ulu dengan dibantu berbagai instansi yang terkait dengan perlindungan anak. Sumber-sumberdaya finansial serta sumberdaya sarana dan prasarana dalam program KLA masih belum terpenuhi dengan baik. Faktor-faktor penghambat implementasi Surat Keputusan Walikota Samarinda Nomor : 463/293/HK-KS/IV/2013 tentang Penunjukan dan Penetapan Kecamatan menuju Kecamatan Layak Anak di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda adalah kurangnya anggaran, sosialisasi, kualitas sumberdaya manusia serta sarana dan prasarana yang belum terpenuhi.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kecamatan Layak Anak
  • NIM: 1302015228
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si. (Alm) dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si