eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN PASER (Elvera Adibah)

Submitted by: ,
On: May 23, 2018 @ 3:20 AM
IP: 36.84.231.80

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN PASER
  • Pengarang (nama mhs): Elvera Adibah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Elvera Adibah. Pengaruh Kompensasi terhadap Semangat Kerja Pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Paser di bawah bimbingan Dr. Anthonius Margono, M.Si dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap semangat kerja pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Paser. Jenis penelitian ini ialah penelitian kausalitas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Paser. Penentuan sampel menggunakan metode sensus dikarenakan jumlah sampel sedikit yaitu berjumlah 63 orang. Analisis data menggunakan metode analisis regresi lienar sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kompensasi terhadap semangat kerja pegawai, dimana hasil koefisien korelasi (r) nya sebesar 0,412, artinya bahwa terdapat hubungan yang sedang antara kompensasi dan semangat kerja. Analisis regresi sederhana menunjukkan setiap perubahan nilai kompensasi maka semangat kerja pegawai akan mengalami perubahan sebesar 0,361. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil 17%, maka dapat dikatakan pengaruh kompensasi sebesar 17% terhadap semangat kerja pegawai di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Paser. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kompensasi, Semangat Kerja
  • NIM: 1302015176
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Anthonius Margono, M.Si dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si