eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH MELALUI PUNGUTAN PAJAK SARANG BURUNG WALET OLEH BADAN KEUANGAN DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA (Muhammad Syaidul A)

Submitted by: ,
On: May 24, 2018 @ 1:55 AM
IP: 36.84.231.92

  • Judul artikel eJournal: UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH MELALUI PUNGUTAN PAJAK SARANG BURUNG WALET OLEH BADAN KEUANGAN DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
  • Pengarang (nama mhs): Muhammad Syaidul A
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Melalui Pungutan Pajak Sarang Burung Walet Oleh Badan Keuangan Di Kabupaten Penajam Paser Utara dan untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Fokus penelitian terdiri dari indikator pendataan potensi pajak sarang burung walet, pemberdayaan pajak sarang burung walet, sistem pengendalian dan pengawasan dilapangan, kerjasama dengan asosiasi pengusaha sarang burung walet, pemberian sanksi, faktor pendukung dan penghambat. Key informan dan Informan yaitu Kepala Badan Keuangan, Kepala Bidang Perencanan, Pengendalian dan Pembangunan, Kepala Seksi Perencanaan dan Pengendalian, Kepala Bidang Pendataan, Penetapan, Penagihan dan Administrasi Pembukuan, Kepala Seksi Pendataan, dan para pengusaha bangunan sarang burung walet. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, penelitian lapangan dari observasi, wawancara dan penelitian dokumen. Analisis Data yang digunakan adalah data model interaktif seperti yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan pendapatan asli daerah melalui pungutan pajak sarang burung walet yang dilakukan sudah cukup baik, namun masih ditemui beberapa kendala. Pendataan yang dilakukan Badan Keuangan terdapat 240 pengusaha walet dengan 355 bangunan sarang burung walet yang tersebar di Penajam Paser Utara, tetapi beberapa bangunan ada yang tidak memiliki surat izin mendirikan bangunan. Pemberdayaan yang di lakukan Badan Keuangan Penajam Paser Utara sudah berjalan dengan baik meskipun mendapat kesulitan seperti kurangnya antusias maupun partispasi pengusaha sarang burung walet yang ada. Pengendalian dan pengawasan yang dilakukan belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena dalam proses pengawasan yang dilakukan ada beberapa kendala yang di hadapi seperti beberapa bangunan tidak memiliki izin mendirikan bangunan. Kerjasama dengan asosiasi yang terdiri dari pengusaha-pengusaha sarang burung walet di daerah Penajam Paser Utara sebagai mitra untuk mencapai tujuan bersama yaitu meningkatkan pendapatan asli daerah melalui pungutan pajak sarang burung walet tersebut. Sanksi yang diberikan Badan Keuangan untuk penyalahgunaan izin bangunan atau izin pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet akan diberikan sanksi berupa sanksi administratif, pencabutan izin pengelolaan, Sanksi ancaman pidana dan penyitaan bangunan sarang burung walet yang ada, namun sampai saat ini belum ada sanksi berat yang diberikan seperti pencabutan izin, ancaman pidana ataupun penyitaan bangunan sarang burung walet.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Upaya peningkatan PAD, Pajak sarang burung walet, Badan Keuangan.
  • NIM: 1202015004
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si. (Alm) dan Dini Zulfiani, S.sos, M.Si