eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

EFEKTIVITAS KEBIJAKAN RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) DARI KAWASAN CITRA NIAGA KE GOR SEGIRI KOTA SAMARINDA (Nurul Latifah)

Submitted by: ,
On: May 26, 2018 @ 7:23 AM
IP: 36.83.33.167

  • Judul artikel eJournal: EFEKTIVITAS KEBIJAKAN RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) DARI KAWASAN CITRA NIAGA KE GOR SEGIRI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Nurul Latifah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kebijakan relokasi PKL dari Kawasan Citra Niaga ke GOR Segiri Kota Samarinda serta faktor pendukung yang mempengaruhi efektivitas kebijakan tersebut.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian untuk Efektivitas Kebijakna Relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) dari Kawasan Citra Niaga ke GOR Segiri Kota Samarinda antara lain : Pencapaian tujuan atau hasil, efisiensi kepuasan kelompok sasaran, daya tanggap client, sistem pemeliharaan, faktor pendukung pada efektivitas kebijakan relokasi pedagang kaki lima (PKL) dari Kawasan Citra Niaga ke GOR Segiri Kota Samarinda. Key informannya yaitu Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kota Samarinda yang tugasnya berhubungan dengan masalah yang diteliti serta informan lainnya yaitu Satuan Polisi Pamong Praja dan Pedagang Kaki Lima (PKL). Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan relokasi PKL di Kawasan Citra Niaga ke GOR Segiri Kota Samarinda dilihat dari sisi pelaksanaannya dikatakan efektif karena tujuan agar setelah direlokasi penataan kawasan Citra Niaga menjadi lebih indah, rapi, dan nyaman sesuai dengan Peraturan Pemerintah Kota Samarinda Nomor 19 Tahun 2001 tentang Perubahan Pertama Peraturan Daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Samarinda Nomor 1 Tahun 1990 tentang Pengaturan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima Dalam Kotamadya Daerah Tingkat II Samarinda. Relokasi PKL tidak memakan banyak biaya. Kualiatas program dari pemerintah kota samarinda sangat baik dalam pelaksanaannya dan tidak membutuhkan waktu yang lama serta tidak banyak menggunakan SDM sehingga bisa di katakan bahwa program pemerintah kota sangan efisien. Kepuasan kebijakan relokasi PKL bisa di katakan hampir semua puas dengan kebijakan pemerintah kota samarinda tersebut. Daya tanggap dari PKL sangat positif dan antusias. Dengan demikian kebijakan Pemerintah Kota Samarinda dikatakan sangat mudah dan berjalan sesuai program kebijakan. sistem pemeliharaan di bagi antara pemerintah kota samarinda dan PKL. Sehingga sistem pemeliharaan dapat berjalan secara terus menerus. Jadi, jika dilihat dari segi pelaksanaannya dengan melihat beberapa faktor yang mendukung dalam pelaksanaan kebijakan tersebut seperti pencapaian tujuan atau hasil, efisiensi, kepuasan kelompok sasaran, daya tanggap client dan sistem pemeliharaan maka kebijakan relokasi tersebut sudah efektif.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Efektivitas Kebijakan Publik, Pedagang Kaki Lima
  • NIM: 1102015015
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Farhanuddin Jamanie, M.Si dan Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si