eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

ANALISIS PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PASCA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SAMARINDA DI KELURAHAN PELABUHAN TAHUN 2015 (Deliar Noor)

Submitted by: ,
On: May 28, 2018 @ 2:38 AM
IP: 36.84.231.102

  • Judul artikel eJournal: ANALISIS PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PASCA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SAMARINDA DI KELURAHAN PELABUHAN TAHUN 2015
  • Pengarang (nama mhs): Deliar Noor
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini untuk mengetahui partisipasi politik masyarakat pasca pemilihan walikota dan wakil walikota samarinda di kelurahan pelabuhan tahun 2015 penelitian meliputi prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, kompetensi petugas pemberi pelayanan dan faktor penghambat eksternal dan internal. Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi politik khususnya pemberian suara (voting) hanya sebesar 39,66% (2.260 orang) adalah kesadaran politik menurut tipe wilayah tempat tinggal masyarakat Kelurahan Pelabuhan berada di pertokoan dan perkotaan dan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah terutama dua pasangan calon Pemerintah Kota Samarinda dan tempat pemungutan suara dinyatakan bahwa saat itu dapat dipercaya, tidak, maupun memilih netral. Jadi, belum dapat dipastikan bahwa tipe partisipasi politik di wilayah tersebut apatis atau pasif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi model campuran tidak berimbang (concurrent embedded) dengan tipe metode kombinasi kuadran IV, yaitu bobot metode kualitatif yang lebih tinggi daripada kuantitatif dengan lambang (QUAL + quan). Teknik pengumpulan data pada metode kualitatif adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan terhadap sumber data (purposive sampling). Sedangkan teknik pengumpulan data pada metode kuantitatif adalah dokumentasi dan kuesioner (angket) terhadap populasi sampel (random sampling). Teknik analisis data pada metode kuantitatif adalah statistik deskriptif. Sedangkan metode kualitatif adalah model Miles dan Huberman. Kemudian, teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif dengan perbandingan. Kesimpulan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi politik khususnya pemberian suara (voting) pasca Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Samarinda di Kelurahan Pelabuhan Tahun 2015 berdasarkan kesadaran politik adalah tipe penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan wilayah tempat tinggal. Sedangkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah adalah kualitas penyampaian materi debat publik, hubungan emosional, popularitas pasangan calon dan realisasi program kerja, kualitas proses penyelenggaraan pemilihan kepala daerah berdasarkan pemutakhiran data pemilih dan keberadaan kampanye politik.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Analisis Partisipasi Politik Masyarakat, Pasca Pemilihan Walikota
  • NIM: 1302015242
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Farhanuddin Jamanie, M.Si. dan Jauchar B., S.IP., M.Si.