eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

PERAN BADAN PERTANAHAN NASIONAL DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PROYEK OPERASI NASIONAL AGRARIA (PRONA) (Studi di Desa Loa Janan Ulu Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara) (Rinda Ayu Aryani)

Submitted by: ,
On: Jun 29, 2018 @ 3:25 AM
IP: 125.160.79.132

  • Judul artikel eJournal: PERAN BADAN PERTANAHAN NASIONAL DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PROYEK OPERASI NASIONAL AGRARIA (PRONA) (Studi di Desa Loa Janan Ulu Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara)
  • Pengarang (nama mhs): Rinda Ayu Aryani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis dan mendeskripsikan serta untuk mengidentifikasi faktor penghambat dalam Peran Badan Pertanahan Nasional Dalam Pelaksanaan Program Proyek Operasi Nasional Agraria (PRONA) Studi di Desa Loa Janan Ulu Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian yaitu membangun kepercayaan masyarakat pada Badan Pertanahan Nasional, meningkatkan pelayanan dan pelaksanaan pendaftaran serta sertifikasi tanah secara menyeluruh, memastikan penguatan hak-hak rakyat atas tanah, dan melaksanakan secara konsisten semua peraturan perundang-undangan pertanahan yang telah ditetapkan serta faktor penghambat dalam pelaksanaan PRONA di Desa Loa Janan Ulu. Dalam penelitian ini yang menjadi key informan ialah Kasi Hubungan Hukum Kantor Pertanahan Kutai Kartanegara dan Kepala Desa Loa Janan Ulu. Informan lainnya ialah Pegawai Kantor Desa Loa Janan Ulu dan beberapa masyarakat Desa Loa Janan Ulu. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. ` Temuan Peran BPN dalam Pelaksanaan Program PRONA Studi di Desa Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara dari membangun kepercayaan masyarakat pada Badan Pertahanan Nasional dan memastikan penguatan hak-hak rakyat atas tanah sudah berjalan dengan baik karena banyaknya masyarakat yang ikut mendaftar. Selain itu dengan adanya PRONA ini membantu masyarakat dalam kepemilikan sertifikat tanah dan tidak perlu jauh pergi ke Kantor Pertanahan untuk mengurus sertifikat. Namun dari segi meningkatkan pelayanan dan pelaksanaan pendaftaran serta sertifikasi tanah secara menyeluruh dan melaksanakan secara konsisten peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan PRONA masih mengalami sedikit hambatan masih adanya keluhan dari masyarakat yang menganggap kepengurusan persyaratan dalam PRONA ini terlalu rumit dan tidak adanya penyuluhan secara langsung kepada masyarakat mengenai persyaratan dalam mengurus sertifikat tanah melalui PRONA serta masih kurangnya jumlah pegawai dalam pengukuran dan pemetaan di Lapangan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran Badan Pertanahan Nasional, Proyek Operasi Nasional Agraria (
  • NIM: 1402015006
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si dan Drs. H. M. Z. Arifin, M.Si