eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

Panduan Pembuatan Artikel eJournal

panduan_pembuatanPanduan singkat ini berisi dua isu penting dalam pembuatan artikel jurnal/ejournal, yakni panduan tentang format/layout artikel dan  panduan tentang isi/materi artikel.

Panduan Format/Layout Artikel
Panduan pembuatan artikel dengan format atau layout sebagaimana yang telah ditentukan dijelaskan secara lengkap di sini.

Panduan Isi/Materi Artikel
Artikel ejournal yang online di internet akan bisa diakses publik kapan saja, di/dari mana saja, dan oleh siapa saja. Karenanya, buatlah artikel sebaik mungkin karena ini menyangkut citra dan kredibilitas penulis/pengarangnya sebagai penanggung jawab artikel. Artikel yang baik akan berisi hal-hal sebagai berikut:
a. Tema/topiknya menarik atau bisa menarik minat pembaca.
b. Berisi hal-hal yang baru atau menawarkan hal-hal yang baru (bukan duplikasi).
c. Bersifat argumentatif (menawarkan/menyampaikan sebuah argumen, bukan yang deskriptif datar tanpa argumen).
d. Sistematis, logis, enak dibaca.

Kombinasi minimal tiga kriteria dari empat kriteria tsb (a, b, c, d) masih dimungkinkan untuk menghasilkan sebuah artikel standar ejournal.

Di dunia ilmu pengetahuan atau penulisan karya-karya ilmiah, satu hasil karya ilmiah untuk persyaratan kelulusan (seperti skripsi, tesis, dan disertasi), jika dituangkan menjadi tulisan/artikel di jurnal, bentuknya bisa bervariasi sbb:
1. Isi artikel jurnal sama dengan isi skripsi, tesis, atau disertasi. Jadi, satu hasil penelitian berupa skripsi semua isinya bisa dituangkan menjadi satu artikel jurnal (versi ringkas).  (1 skripsi = 1 artikel jurnal – versi ringkas tapi memenuhi standar artikel jurnal spt disebutkan di atas).
2. Satu hasil penelitian berupa skripsi/tesis/disertasi, bisa dituangkan menjadi dua atau lebih artikel yang berbeda (ditinjau dari beberapa sudut pandang atau dipecah menjadi beberapa bagian yang fokus pembahasannya berbeda). Ini umumnya dilakukan kalau hasil penelitiannya menghasilkan beberapa topik atau isu-isu yang baru/menarik, tapi tidak cukup dibahas di satu artikel jurnal, atau karena pertimbangan lain (mis. pengarangnya ingin mempulikasikan karya ilmiahnya di beberapa jurnal dengan topik berbeda). (1 skripsi = 2 atau lebih artikel jurnal)
3. Satu hasil penelitian berupa skripsi/tesis/disertasi diambil bagian yang terpenting, yang paling menarik, atau yang menawarkan/mendiskusikan sesuatu yang baru untuk dituangkan dalam satu artikel jurnal. Jadi, hanya sebagian materi skripsi yang dijadikan tulisan di jurnal. (1 skripsi = 1 artikel jurnal – dipilih bagian yang paling menarik/penting/isu baru)

Opsi mana yang mau dipilih? Ini tergantung dari mahasiswa yang bersangkutan dan rekomendasi pembimbing. Yang perlu dicatat, pertama, mahasiswa Fisip diwajibkan membuat/menyerahkan/mengupload hanya satu artikel ejournal saja (dalam file berformat .doc dan .pdf) untuk dionlinekan di Internet (di situs ejournal Prodi). Kedua, materi artikel berasal/bersumber dari hasil penelitian berupa skripsi. Ketiga, artikel ejournal tsb diupayakan dibuat sebaik mungkin (lihat kriteria artikel jurnal yang baik) sehingga secara substansial berkontribusi bagi dunia ilmu pengetahuan (substansi yang lebih dipentingkan, bukan yang sekedar formalitas/prosedural).

Sebagai gambaran, contoh artikel yang disampaikan di web ini adalah artikel yang memakai opsi 3 di atas (bandingkan judul artikel dan judul skripsi yang tertera di Daftar Pustaka artikel jurnal dimaksud).

344 total views, 1 views today