eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

STUDI TENTANG PELAYANAN PRIMA DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) DI KEPOLISIAN RESOR SATUAN LALU LINTAS KABUPATEN NUNUKAN (Mega Selvia Sofyana)

Submitted by: Sofyana, Mega Selvia
On: Aug 20, 2015 @ 1:00 PM
IP: 192.168.0.105

  • Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG PELAYANAN PRIMA DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) DI KEPOLISIAN RESOR SATUAN LALU LINTAS KABUPATEN NUNUKAN
  • Pengarang (nama mhs): Mega Selvia Sofyana
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Mega Selvia Sofyana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan judulStudi Tentang Pelayanan Prima Dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Di Kepolisian Resor Satuan Lalu Lintas Kabupaten Nunukan.Dosen Pembimbing 1 Dr. Enos Paselle,S.Sos.M.AP dan Dosen Pembimbing 2 Daryono, S.Sos.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelayanan prima dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Di kepolisian resor satuan lalu lintas Kabupaten Nunukan dan untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung pelayanan prima dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di kepolisian resor satuan lalu lintas kabupaten Nunukan.
    Hasil peneliitian diperoleh penulis bahwa pelayanan prima dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Di Kepolisian Resor Satuan Lalu Lintas Kabupaten Nunukansecara Prosedur sudah sangat baik karena prosedurnya cukup sederhana dan cukup jelas. Waktu pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM)tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Kemanan pelayanan yang berkaitan dengan produk pelayanan berupa Surat Izin Mengemudi (SIM) yang telah memiliki kekuatan hukum karena sudah disahkan dengan aparatur kepolisian sudah bagus dan sesuai dengan harapan masyarakat.Keterbukaan pelayanan juga telah berjalan dengan baik karena segala sesuatunya diinformasikan terbuka kepada masyarakat.efisiensi pelayanan sudah berjalan dengan baik. Persyaratan pelayanan dibatasi pada hal yang berhubungan langsung dengan produk pelayanan untuk mempercepat pelayanan itu sendiri.Keadilan pelayan berjalan dengan baik dikarenakan pelayanan diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang derajat para pemohon.Faktor pendukung pelayanan yaitu kemampuan dan keterampilan aparatur dalam bekerja penuh dengan ketelitian dan faktor penghambat pelayanan meliputi kurangnya sarana dan prasarana penunjang pelayanan seperti sering terjadi gangguan terutama koneksi internet dan terjadinya pemadaman listrik.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan, PelayananPrima,Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • NIM: 1102015229
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle, S.Sos.M.AP, Daryono. S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 3
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal mega (08-20-15-01-00-21).doc (123 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejournal mega (08-20-15-01-00-21).pdf (85 kB)