eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA PDAM TIRTA KENCANA KOTA SAMARINDA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI WILAYAH KELURAHAN SUNGAI PINANG DALAM KECAMATAN SUNGAI PINANG (Agustina Putri Anandar)

Submitted by: Anandar, Agustina Putri
On: Aug 21, 2015 @ 11:49 AM
IP: 36.75.47.173

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA PDAM TIRTA KENCANA KOTA SAMARINDA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI WILAYAH KELURAHAN SUNGAI PINANG DALAM KECAMATAN SUNGAI PINANG
  • Pengarang (nama mhs): Agustina Putri Anandar
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Abstrak
    Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda Terhadap Kepuasan Pelanggan di wilayah Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan di Wialayah Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang.
    Adapun definisi operasional dalam penelitian ini adalah pada kualitas pelayanan diukur melalui indikator Tangibles, Realibility, Renponsivness, Assurance, Empathy. Selanjutnya pada kepuasan pelanggan diukur melalui indikator kebersihan, harga (tarif), kelengkapan sarana dan prasarana, dan keamanan. Populasi yang digunakan pada penelitian sebanyak 100 orang masyarakat di wilayah Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuatitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis dan pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa kedua variabel yakni kualitas pelayanan (x) dan kepuasan pelanggan (y) memperoleh nilai Rhitung sebesar 12,55 sedangkan nilai Rtabel untuk jumlah responden 100 adalah sebesar 0,23 dengan tingkat α = 0,05 untuk tes dua sisi. Sehingga jika diamati akan terlihat bahwa nilai Rhitung lebih besar dari nilai Rtabel yaitu = 12,55 > 0,23.
    Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan di wilayah Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Product Momen,Regresi Linier Sederhana
  • NIM: 1102015176
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si dan Dr. H. Syahrani, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 3
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Agustina Putri Anandar (08-21-15-11-49-42).docx (42 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Agustina Putri Anandar (08-21-15-11-49-42).pdf (62 kB)