eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

Kontribusi Penerimaan Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dalam peningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Penajam Paser Utara (Irfansyah)

Submitted by: ,
On: Nov 12, 2015 @ 1:59 AM
IP: 61.94.87.229

  • Judul artikel eJournal: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi penerimaan retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dalam peningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Penajam Paser Utara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yang dimana jenis penelitian menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian kuantitatif deskriptif juga bertujuan agar diperoleh analisis yang komperatif guna menjawab masalah-masalah dalam penelitian. Adapun fokus penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis dan sumber data primer dan sekunder, yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data, penelitian keperpustakaan, dan penelitian lapangan seperti pengumpulan dokumen, arsip, laporan-laporan, buku, dan hasil wawancara yang di analisis menggunakan teknik analsis kuantitatif deskriptif. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah realisasi penerimaan retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kabupaten Penajam Paser Utara tidak mengalami peningkatan yang signifikan, kesadaran masyarakat khususnya di kabupaten penajam mulai meningkat mengenai pentingnya suatu bangunan memliki Izin Mendirikan Bangunan, kepengurusan izin dapat diselesaikan dengan cepat dengan syarat kelengkapan terpenuhi adapun kendalanya adalah personal terutama petugas dilapangan masih kurang serta sarana dan prasana dilapangan masih kurang
  • Pengarang (nama mhs): Irfansyah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi penerimaan retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dalam peningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Penajam Paser Utara.
    Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yang dimana jenis penelitian menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian kuantitatif deskriptif juga bertujuan agar diperoleh analisis yang komperatif guna menjawab masalah-masalah dalam penelitian. Adapun fokus penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis dan sumber data primer dan sekunder, yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data, penelitian keperpustakaan, dan penelitian lapangan seperti pengumpulan dokumen, arsip, laporan-laporan, buku, dan hasil wawancara yang di analisis menggunakan teknik analsis kuantitatif deskriptif.
    Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah realisasi penerimaan retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kabupaten Penajam Paser Utara tidak mengalami peningkatan yang signifikan, kesadaran masyarakat khususnya di kabupaten penajam mulai meningkat mengenai pentingnya suatu bangunan memliki Izin Mendirikan Bangunan, kepengurusan izin dapat diselesaikan dengan cepat dengan syarat kelengkapan terpenuhi adapun kendalanya adalah personal terutama petugas dilapangan masih kurang serta sarana dan prasana dilapangan masih kurang.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Pendapatan Asli Daerah (PAD)
  • NIM: 1002015197
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma M.Si & Dr. Fajar Apriani, S. Sos, M. Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 3
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL IRFAN (11-12-15-01-59-02).doc (134 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL IRFAN (11-12-15-01-59-02).pdf (92 kB)