eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

PELAYANAN JASA KESEHATAN DI PUSKESMAS DESA PRANGAT SELATAN KECAMATAN MARANG KAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Okta Dwi Puspita Ningrum )

Submitted by: ,
On: Aug 23, 2016 @ 5:08 AM
IP: 125.162.114.200

  • Judul artikel eJournal: PELAYANAN JASA KESEHATAN DI PUSKESMAS DESA PRANGAT SELATAN KECAMATAN MARANG KAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • Pengarang (nama mhs): Okta Dwi Puspita Ningrum
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Metode penelitian yang digunakan adalah desktiptif kualitatif. Fokus penelitian yang ditetapkan :prosedur pelayanan jasa kesehatan, kepastian waktu dalam pelayanan jasa kesehatan, sarana dan prasarana pelayanan jasa kesehatan, sikap dan prilaku tenaga medis dalam melayani masyarakat., faktor pendukung dan faktor penghambat. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumen-dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan prilaku tenaga medis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah cukup baik, dengan tidak membeda-bedakan status sosialnya dan tidak membeda-bedakan pasien yang datang berobat dengan menggunakan jaminan kesehatan dengan yang tidak menggunakan jaminan kesehatan. Namun masih ada keluhan dari beberapa pasien yang datang berobat karena adanya sikap para medis yang acuh tak acuh kepada pasein di karenakan status sosialnya. Hal ini sedikit banyaknya akan menggangu psikologi pasien untuk berobat.. Faktor pendukung Puskesmas Prangat Selatan adalah adanya dasar hukum yang jelas dan dana dari APBD dan APBN yang dapat digunakan untuk program-program kesehatan masyarakat yang berada di Desa Prangat Selatan dan faktor penghambatnya adalah karena masih kurangnya sosialisasi kepada masyarakat masalah kesehatan, kurang memadainya sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas Prangat Selatan masyarakat lebih memilih berobat di Rumah Sakit, kurangnya obat-obatan dan tenaga medis namun para medis tetap berusaha memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan menggunakan sarana dan prasarana yang ada.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Jasa Kesehatan di Puskesmas Desa Prangat Selatan Kecmatan Muarang Kayu
  • NIM: 0902015014
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal ocha (08-23-16-05-08-30).doc (109 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal ocha (08-23-16-05-08-30).pdf (254 kB)