eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN KEIMIGRASIAN DI KONSULAT JENDERAL REPUBLIK INDONESIA (KJRI) KOTA KINABALU MALAYSIA (Meryana Perada Keban)

Submitted by: ,
On: Apr 27, 2017 @ 3:07 AM
IP: 198.24.162.179

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN KEIMIGRASIAN DI KONSULAT JENDERAL REPUBLIK INDONESIA (KJRI) KOTA KINABALU MALAYSIA
  • Pengarang (nama mhs): Meryana Perada Keban
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Kualitas Pelayanan Keimigrasian Di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kota Kinabalu Malaysia dibawah bimbingan yang saya hormati Ibu Dra. Rosa Anggraeiny, M. Si selaku pembimbing I dan Ibu Dini Zulfiani S.Sos, M.Si selaku pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu: “Untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Keimigrasian di Konsulat Jenderal Kota Kinabalu serta faktor penghambat. Fokus penelitian ini yaitu Kualitas Pelayanan Keimigrasian yang meliputi Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Realibility), Daya Tanggap (Responsivines), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty). Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan pengambilan sumber data primer dengan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang dikembangkan oleh Milles, Huberman dan Saldana. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas Pelayanan Keimigrasian di Konsulat Jenderal Republik Indonesia sudah diterapkan dimensi Tangible,Realibility, Responsiviness, Assurance,dan Emphaty beserta indikatornya. Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat, antara lain sarana dan prasarana yang belum lengkap, ketidak disiplinan waktu pegawai/staf sehingga keterlambatan penyelesaian dokumen dan minimnya tingkat kesadaran masyarakat. (2) Faktor penghambat pelaksanaan pelayanan keimigrasian di Konsulat Jenderal Republik Indonesia Kota Kinabalu adalah kurangnya sarana prasarana seperti kursi,lemari dan halaman parkir yang tidak disediakan, ketidak disiplinan waktu pegawai/staf sehingga keterlambatan penyelesaian dokumen dan minimnya tingkat kesadaran masyarakat
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik
  • NIM: 1302015264
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dra. Rosa Anggraeiny, M. Si dan Dini Zulfiani, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 5
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL isi fix (04-27-17-03-07-50).docx (37 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL isi fix (04-27-17-03-07-51).pdf (198 kB)