eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

IMPLEMENTASI KEPUTUSAN BUPATI KUTAI KARTANEGARA NOMOR 221 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PEMILIHAN, PENGANGKATAN, DAN PEMBERHENTIAN KEPALA DESA TAHUN 2016 (STUDI KASUS DI DESA KARANG TUNGGAL KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG) (SITI PERMANA SARI)

Submitted by: ,
On: Jan 17, 2018 @ 7:11 AM
IP: 125.160.45.121

  • Judul artikel eJournal: IMPLEMENTASI KEPUTUSAN BUPATI KUTAI KARTANEGARA NOMOR 221 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PEMILIHAN, PENGANGKATAN, DAN PEMBERHENTIAN KEPALA DESA TAHUN 2016 (STUDI KASUS DI DESA KARANG TUNGGAL KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG)
  • Pengarang (nama mhs): SITI PERMANA SARI
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Implementasi Keputusan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 221tentang Petunjuk Teknis Pemilihan, Pengangkatan Dan Pemberhentian Kepala Desa tahun 2016 (Studi Kasus di Desa Karang Tunggal Kecamatan Tenggarong Seberang) dan untuk mengidentifikasi faktor penghambat Implementasi Keputusan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 221tentang Petunjuk Teknis Pemilihan, Pengangkatan Dan Pemberhentian Kepala Desa tahun 2016 (Studi Kasus di Desa Karang Tunggal Kecamatan Tenggarong Seberang). Metode penelitian ini yaitu menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu meliputi tahapan persiapan pemilihan kepala desa, pencalonan kepala desa, pemungutan suara, penetapan calon kepala desa terpilih dan faktor penghambat Implementasi Keputusan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 221tentang Petunjuk Teknis Pemilihan, Pengangkatan Dan Pemberhentian Kepala Desa tahun 2016 (Studi Kasus di Desa Karang Tunggal Kecamatan Tenggarong Seberang). Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas key informan yaitu Ketua Panitia Pelaksana Pilkades dan informan penelitian yakni Ketua BPD dan anggota panitia pilkades yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pada Implementasi Keputusan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 221tentang Petunjuk Teknis Pemilihan, Pengangkatan Dan Pemberhentian Kepala Desa tahun 2016 (Studi Kasus di Desa Karang Tunggal Kecamatan Tenggarong Seberang) telah berjalan sesuai dengan yang ada di dalam perundang-undangan. Tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan berdasarkan ketentuan-ketentuan dalam perundang-undangan yang berlaku dan sesuai pula dengan asas atau prinsip demokrasi pancasila yang bersifat Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil. Namun, meskipun pelaksanaannya sudah sesuai dengan perundang-undangan, tetapi pelaksanaan pilkades tersebut belum berjalan sepenuhnya secara maksimal. Dikarenakan Karena terbatasnya anggaran sehingga membuat panitia sepakat menentukan satu titik TPS dan Masih terdapat sebagian warga yang tidak terdaftar karena berbagai sebab, warga yang ketika pindah tidak melapor kepada Ketua RT setempat, ada juga warga yang ingin didaftarkan menjadi pemilih namun status Kartu Keluarga nya masih daerah lain.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Implementasi, Pemilihan Kepala Desa
  • NIM: 1302015109
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Hj. Hariati, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 6
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal SIT (01-17-18-07-11-45).doc (90 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal SIT (01-17-18-07-11-45).pdf (234 kB)