eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) MELALUI PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA UPTD DINAS PENDAPATAN DAERAH DI KABUPATEN MALINAU (Syahrul Barokah)

Submitted by: ,
On: Mar 26, 2018 @ 1:36 AM
IP: 36.82.206.248

  • Judul artikel eJournal: UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) MELALUI PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA UPTD DINAS PENDAPATAN DAERAH DI KABUPATEN MALINAU
  • Pengarang (nama mhs): Syahrul Barokah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Syahrul Barokah, Upaya Meningkatakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor pada UPTD Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Malinau di bawah bimbingan Bapak Dr. Anthonius Margono, M.Si dan Ibu Hj. Hariati, S.Sos., M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis upaya meningkatakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor pada UPTD Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Malinau. Untuk mengetahui dan menganalis faktor pendukung dan penghambat. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian: eksentifikasi : WPT, penambahan jumlah WPT, kegiatan pendataan objek pajak. Intensifikasi penyuluhan pembayaran administrasi pajak daerah, peningkatan pelayanan pembayaran pajak, razia, faktor pendukung dan faktor penghambat. Key informan Kepala Dinas, informan Kasi Pendataan & Pendaftaraan Pajak Daerah, Kasi Pembukuan, Staf UPTD Dispenda dan informan lainnya masyarakat Kabupaten Malinau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, penelitian lapangan : observasi dan wawancara, serta penelitian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah komponen analisis data : model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, upaya meningkatakan PAD melalui penerimaan PKB dari eksentifikasi indikator WPT program Dispenda yang memaksimalkan WP, sudah dilakukan dengan baik. Penambahan jumlah WPT dilakukan penggalian potensi PKB, dari STNK, BPKB dan pajak dari segi kendaraan bermotor lain, yang berguna untuk penambahan jumlah WPT. Dari indikator kegiatan pendataan objek pajak, UPTD Dispenda dan Kepolisian menjaring kendaraan yang tidak membayar pajak serta melakukan pendataan ulang objek PKB. Intensifikasi penyuluhan pembayaran administrasi pajak daerah, dari indikator penyuluhan yang dilakukan UPTD Dispenda menghimbau kepada masyarakat untuk taat dalam membayar pajak. Peningkatan pelayanan pembayaran pajak, dari segi pelayanan membayar perpanjangan STNK, dapat dilakukan dimana saja, jika masyarakat sedang berada di luar kota. Indikator razia, UPTD Dispenda dengan Kepolisian bekerja sama dalam pemeriksaan kelengkapan untuk pelanggaran peraturan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat kelengkapan pajak STNK dan BPKB. Faktor pendukung kerjasama dengan pihak Kepolisian melakukan razia dijalan raya, melakukan sosialisasi, menggalang kampanye sadar pajak, melakukan sensus data penduduk pemilik kendaraan bermotor, kesadaran masyarakat dan kemudahan akses dan menjalin kerjasama dengan beberapa Bank. Sedangkan faktor penghambatnya, dari banyaknya tunggakan PKB, kelalaian wajib pajak, kurangnya sarana prasarana di kantor UPTD Dispenda, kurangnya SDM dalam melayani masyarakat peningkatan pertumbuhan kendaraan bermotor, kurangnya informasi mengenai prosedur dan mekanisme pembayaran PKB/ BBNKB kendaraan yang dimiliki.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pendapatan Asli Daerah, Pajak Kendaraan Bermotor
  • NIM: 1102015151
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Anthonius Margono, M.Si dan Hj. Hariati, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 6
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal SYAHRUL (03-26-18-01-36-26).doc (117 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal SYAHRUL (03-26-18-01-36-26).pdf (225 kB)