eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

PROGRAM PENGENDALIAN BANJIR OLEH DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG DI KELURAHAN AIR PUTIH KECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA (Nur Eva Susanti)

Submitted by: ,
On: Apr 17, 2018 @ 3:36 AM
IP: 36.83.36.44

  • Judul artikel eJournal: PROGRAM PENGENDALIAN BANJIR OLEH DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG DI KELURAHAN AIR PUTIH KECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Nur Eva Susanti
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tingginya tingkat pembangunan di Kota Samarinda memiliki dampak positif dan dampak negatif untuk lingkungannya. Salah satu masalah yang muncul adalah bencana banjir yang sering melanda Kota Samarinda khususnya di Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu. Dampak banjir dapat merusak kegiatan masyarakat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah Kota Samarinda. Pemerintah Kota Samarinda adalah program pengendalian melalui normalisasi Sungai Krang Asam Kecil, Rehabilitasi Saluran Drainase, dan Pemeliharaan Saluran Drainase. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan Program Pengendalian Banjir oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang di Kelurahan Air Putih dan untuk mengidentifikasi apa saja yang menjadi kendala Program Pengendalian Banjir oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang di Kelurahan Air Putih. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini yaitu Normalisasi sungai karang asam kecil, rehabilitasi saluran drainase, dan pemeliharaan saluran drainaase, serta faktor penghambat Program Pengendalian Banjir di Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas key informan yaitu Kepala Bidang Pembangunan dan Pelaksanaan Jaringan Sumber Air dan informan peneliti yakni Kepala Seksi Bidang Pembangunan dan Pelaksanaan Jaringan Sumber Air, Staf Bidang Pembangunan dan Pelaksanaan Jaringan Sumber Air, Ketua RT 45 jalan P. Antasari, Ketua RT 58 jalan P. Suryanata melalui metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Program yang dibuat dan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda dalam hal Pengendalian Banjir di Kelurahan Air Putih melalui normalisasi Sungai Karang Asam Kecil, rehabilitasi saluran drainase, dan pemeliharaan saluran drainase. Berbagai bentuk program telah dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda dalam pengendalian banjir di Kelurahan Air Putih hanya saja dalam penerapannya masih belum maksimal. Kendala yang dihadapi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda dalam menjalankan program pengendalian banjir di Kelurahan Air Putih yaitu kurangnya sumberdaya manusia yang dimiliki Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda dalam Bidang pembangunan dan pelaksanaan jaringan sumber air, belum terealisasinya tindakan hukum atas kegiatan alih fungsi lahan dan rendahnya partisipasi masyarakat dalam membuang sampah.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Program, Pengendalian Banjir, Kelurahan Air Putih Kota Samarinda
  • NIM: 1302015239
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si dan Dini Zulfiani, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 6
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal …. (04-17-18-03-36-24).doc (95 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal .. (04-17-18-03-36-24).pdf (154 kB)