eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN INSENTIF DENGAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA SAMARINDA (Meka Agustina)

Submitted by: ,
On: Jun 29, 2018 @ 3:37 AM
IP: 125.160.79.132

  • Judul artikel eJournal: HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN INSENTIF DENGAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Meka Agustina
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis dan mendeskripsikan serta mengidentifikasi rumusan masalah apakah terdapat hubungan antara pemberian insentif dengan kinerja Aparatur Sipil Negara di Badan Kepegawaian Daerah Kota Samarinda, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara pemberian insentif dengan kinerja pegawai negeri sipil di Badan Kepegawaian Daerah Kota Samarinda. Adapun indikator yang menjadi fokus penelitian ini meliputi: indikator insentif (insentif material, non material, dan sosial) dan indikator kinerja (kualitas, kuantitas, pelaksanaan tugas, tanggung jawab). Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah asosiatif, kemudian untuk sampel berjumlah 60 pegawai negeri sipil, dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui observasi dan kuesioner sedangkan data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur hubungan variabel x dengan y adalah rumus pearson product moment. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat hubungan antara pemberian insentif dengan kinerja pegawai negeri sipil di Badan Kepegawaian Kota Samarinda, dengan menghasikan nilai r = 0,643 yang berada pada interval 0,60 – 0,799 yang termasuk dalam kategori tingkat hubungan yang kuat dan untuk menguji seberapa siginifikan digunakan thitung yang berjumlah 8,340 dengan tingkat kesalahan α = 0,05; db = n – 2(60 – 2) = 58 maka didapat ttabel = 2,000 yang ternyata nilai thitung (8,340) > dari ttabel (2,000), maka Ho ditolak dan Ha diterima.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pemberian Insentif, Motivasi, Kinerja
  • NIM: 1202015093
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S dan Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si