eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

EVALUASI STRATEGI DINAS PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI WISATA AIR TERJUN INAR DI KAMPUNG TEMULA KECAMATAN NYUTAN KABUPATEN KUTAI BARAT (Hendra Oktavianus)

Submitted by: ,
On: Jul 13, 2018 @ 8:03 AM
IP: 36.74.232.200

  • Judul artikel eJournal: EVALUASI STRATEGI DINAS PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI WISATA AIR TERJUN INAR DI KAMPUNG TEMULA KECAMATAN NYUTAN KABUPATEN KUTAI BARAT
  • Pengarang (nama mhs): Hendra Oktavianus
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi dalam pengembangan potensi objek wisata Air Terjun Inar dan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Barat dalam pengembangan potensi objek wisata Air Terjun Inar. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan situasi dan kondisi empiris. penulis menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Barat dalam Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Inar belum berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari fokus penelitian pencapaian peningkatan mutu dan pemerataan pembangunan kepariwisataan, seperti penyediaan sarana dan prasarana pariwisata yang sesuai dengan kondisi keuangan daerah belum ada pencapaian yang sangat signifikan dari peningkatan mutu dan pemerataan pengembangan di objek Wisata Air Terjun Inar seperti penyedian sarana dan prasarana yang masih belum ada dan keterbatasan anggaran. Kemudian dari pencapaian dari peningkatan kualitas manajemen pelaku dunia pariwisata bisa dikatakan berjalan dengan baik tetapi masih belum maksimal karena seharusnya melibatkan seluruh pelaku pariwisata apalagi masyarakat di sekitar objek wisata kualitasnya memang perlu ditingkatkan. Selanjutnya dari pencapaian dari partisipasi masyarakat belum bisa terlaksana karena berbagai hambatan di lapangan seharusnya dengan kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat sehingga perlu ditingkatkan lagi, untuk dapat menjadikan industri pariwisata sebagai mata pencaharian bagi masyarakat sekitar objek wisata. Kesimpulannya, strategi Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Barat dalam Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Inar belum berjalan baik karena kurangnya perhatian dari Dinas Pariwisata dan pihak terkait. Itu terlihat dari sarana dan prasarana yang tidak memadai dan kurangnya promosi untuk objek Air Terjun Inar.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Pariwisata, Pengembangan Objek Wisata
  • NIM: 1102015061
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Farhanuddin Jamanie, M.Si dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si