eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

PENGARUH DAYA TANGGAP DAN KEANDALAN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN KESEHATAN UPTD PUSKESMAS SEPARI III TENGGARONG SEBERANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Marcellina Hardianti)

Submitted by: ,
On: Jul 18, 2018 @ 2:28 AM
IP: 180.248.127.114

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH DAYA TANGGAP DAN KEANDALAN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN KESEHATAN UPTD PUSKESMAS SEPARI III TENGGARONG SEBERANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • Pengarang (nama mhs): Marcellina Hardianti
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya tanggap dan keandalan pegawai terhadap kepuasan masyarakat atas pelayanan kesehatan di Puskesmas Separi III Tenggarong Seberang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Definisi Operasional meliputi indikator dari variabel daya tanggap (X1) yaitu merespon; cepat; tepat; cermat; dan waktu yang tepat. Kemudian untuk indikator variabel keandalan (X2) yaitu kecermatan; standar pelayanan; kemampuan; dan keahlian. Sedangkan untuk indikator variabel kepuasan masyarakat (Y) yaitu meliputi persyaratan pelayanan; prosedur pelayanan; waktu pelayanan; tarif atau biaya; jenis pelayanan; waktu pelayanan; kompetensi; perilaku; penanganan pengaduan, saran dan masukan. Sampel penelitian ini yaitu pasien Puskesmas Separi III Tenggarong Seberang, yang berjumlah 42 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field work research). Alat pengukur data yang digunakan adalah skala likert. Teknis analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Kesimpulan berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang dihasilkan yaitu hubungan daya tanggap dan keandalan pegawai Puskesmas Separi III Tenggarong Seberang sebesar 65 % yang menandakan tingkat kuat pada hubungan, untuk nilai koefisien determinasi sebesar 42,30 %. Kemudian dari hasil regresi linier berganda memperoleh hasil persamaan Y = 9,831 + 0,517X1 + 0,953X2 + 4,361. Untuk pengujian hipotesis yaitu uji f model dikatakan baik atau layak, dan untuk uji t variabel daya tanggap dan keandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Daya Tanggap, Keandalan, Kepuasan Masyarakat
  • NIM: 1402015058
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si (Alm) dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si