eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 32 TAHUN 2013 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGKAT SEKOLAH DASAR PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA SAMARINDA (Sigit Nugroho)

Submitted by: ,
On: Jul 25, 2018 @ 3:24 AM
IP: 110.136.195.202

  • Judul artikel eJournal: IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 32 TAHUN 2013 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGKAT SEKOLAH DASAR PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Sigit Nugroho
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiamana pelaksanaan ketentuan Standar Nasional Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar Kota Samarinda serta faktor-faktor pendukung dan penghambat. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptip kualitatif dan pengambilan sumber data primer dengan teknik purposive sampling. Fokus penelitian terdiri dari Standar Nasional Pendidikan, Komunikasi, Ketersediaan Sumberdaya, Sikap/kecendrungan para pelaksana serta faktor pendukung dan penghambat. Key informan terdiri dari Kepala Bagian Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Samarinda dan staff yang berada pada bagian pembinaan sekolah dasar serta sekolah/guru sekolah dasar yang ada di Kota Samarinda. Pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Implementasi tentang pelaksanaan Standar Nasioanl Pendidikan tingkat Sekolah Dasar di Kota Samarinda belum terlaksana secara maksimal sesuai yang diinginkan.dalam pelaksanaannya masih banyak sekolah dasar kota samarinda yang belum melaksanakan Standar Nasional Pendidikan dan pelatihan bagi para pelaksana dan/atau guru sekolah dasar yang masih kurang, sehingga hal ini masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dihadapi oleh Dinas Pendidikan di Kota Samarinda, butuhnya kesiapan dari badan pelaksana dan para pelaksana dalam melaksanakan Standar Nasional Pendidikan tingkat sekolah dasar di Kota Samarinda ini, pelatihan dan sosialisai yang harus terus ditingkatkan demi terlaksananya Standar Nasional Pendidikan secara maksimal diseluruh sekolah dasar di kota Samarinda.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Implementasi, Standar Nasional Pendidikan, tingkat sekolah dasar.
  • NIM: 1202015018
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr.H.Syahrani, M.Si dan Dr. Santi Rande, S.Sos., M.Si