eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

PERAN KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTUKTUR DI DESA RITAN BARU KECAMATAN TABANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Nyanding)

Submitted by: ,
On: Jul 26, 2018 @ 5:23 AM
IP: 36.82.194.47

  • Judul artikel eJournal: PERAN KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTUKTUR DI DESA RITAN BARU KECAMATAN TABANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • Pengarang (nama mhs): Nyanding
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala desa serta faktor penghambat dan pendukung dalam pembangunan di Desa Ritan Baru Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif, dengan informan sebanyak 5 orang menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif yaitu mendeskripsikan serta menganalisis data yang diperoleh. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peran kepala desa sebagai Fasilitator masih dirasakan kurang begitu maksimal masih banyak pembenahan yang harus di lengkapi dalam pembangunan insfrastruktur. Selain itu kurangnya komunikasi antara kepala desa dengan masyarakat merupakan hal yang memperlambat dalam pembangunan infrastruktur desa. Motivator dirasakan masih sangat kurang dimana kepala desa belum maksimal dalam memotivasi masyarakat untuk menggerakan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Mediator dikatakan belum maksimal dalam penyelesaian konflik yang terjadi di masyarakat kepala desa lebih banyak menyerahkan kepada kepala adat atau ketua RT dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Selain itu dalam menyampaikan aspirasi masyarakat kepala desa masih terlalu lama realisasinya. Regulator dimana dalam mensosialisasikan peraturan baru kepala desa tidak pernah secara langsung terjun menyampaikan kepada masyarakat dan masih banyak peraturan yang dibuat belum dijalankan secara maksimal. Faktor penghambat yaitu dana dari pemerintah daerah lambat turun, kondisi cuaca yang tidak menentu, kurangnya pengawasan dari kepala desa, kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas, kurangnya koordinasi Kepala Desa dengan masyarakat, ketidak transparan proyek pembangunan infrastruktur desa dan kurangnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Sedangkan faktor pendukung seperti Desa Ritan Baru memiliki area yang luas, ketersediaan fasilitas pendukung (bangunan publik seperti sekolah, gedung pertemuan, sarana tempat ibadah dan lainnya), memiliki sumber daya yang memadai dan sumber dana yang mencukupi dalam pembangunan infrastruktur di Desa Ritan Baru.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran kepala desa, pembangunan infrastruktur
  • NIM: 1302015229
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Adri Patton, M.Si. dan Dr. Bambang Irawan, S.Sos, M.Si.