eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

EVALUASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 03 TAHUN 2012 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK DAN KAWASAN TERBATAS MEROKOK DI KOTA TARAKAN (Nitami Sari)

Submitted by: ,
On: Aug 3, 2018 @ 3:17 AM
IP: 180.246.166.89

  • Judul artikel eJournal: EVALUASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 03 TAHUN 2012 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK DAN KAWASAN TERBATAS MEROKOK DI KOTA TARAKAN
  • Pengarang (nama mhs): Nitami Sari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil evaluasi dari Peraturan Walikota Nomor 03 Tahun 2012 Tentang Kawasan Tanpa Rokok dan Kawasan Terbatas Merokok di Kota Tarakan berdasarkan indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu melalui efektivitas, responsivitas, kecukupan, ketepatan dan perataan serta melihat faktor apa saja yang menjadi penghambat kebijakan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan Studi Kepustakaan (Library Research), Penelitian Lapangan (Field Work Research) yaitu wawancara langsung dengan Key Informan. Informan dan Informan lainnya. Observasi dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa kebijakan kawasan tanpa rokok dan kawasan terbatas merokok di Kota Tarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tarakan belum cukup maksimal dalam mengatasi permasalahan. Kebijakan kawasan tanpa rokok dan kawasan terbatas merokok belum cukup memberikan hasil sesuai dengan indikator efektivitas. Kebijakan tersebut belum sepenuhnya dapat memuaskan kebutuhan, preferensi, atau nilai kelompok masyarakat tertentu terkait kebijakan kawasan tanpa rokok dan kawasan terbatas merokok di Kota Tarakan. Berdasarkan indikator ketepatan, kebijakan kawasan tanpa rokok dan kawasan terbatas merokok belum tepat dan bermanfaat untuk memecahkan masalah yang dihadapi terutama dari sisi mengatasi masalah terkait kesehatan udara tanpa polusi yang berasal dari asap rokok. Berdasarkan indikator perataan, kebijakan ini didistribusikan sudah cukup baik walaupun masih ada beberapa kendala yang harus dihadapi agar terkait perataan dapat terus berjalan secara maksimal dan merata.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kawasan Tanpa Rokok, Dinas Kesehatan, Kota Tarakan
  • NIM: 1402015039
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof.Dr.Hj. Aji Ratna Kusuma,M.Si dan Dr. Santi Rande, M.Si