eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

STUDI TENTANG PROSES PERENCANAAN PEMBANGUNAN LISTRIK PLN DI DESA SUNGAI LUNUK MUARA TIQ KECAMATAN TABANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Ririn Dwi P)

Submitted by: ,
On: Aug 6, 2018 @ 1:28 AM
IP: 36.84.231.31

  • Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG PROSES PERENCANAAN PEMBANGUNAN LISTRIK PLN DI DESA SUNGAI LUNUK MUARA TIQ KECAMATAN TABANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • Pengarang (nama mhs): Ririn Dwi P
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengetahui Proses Perencanaan Pembangunan Listrik serta mengidentifikasi program prioritas perencanaan pembangunan listrik di Desa Sungai Lunuk Muara Tiq. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam skripsi ini mengacu pada proses perencanaan pembangunan listrik oleh PT.PLN melalui program yang telah dilakukan meliputi : Penyusunan Rencana Pembangunan Melalui Program Musrenbang, Penetapan Rencana Pembangunan Melalui Perencanaan Pembangunan, Serta Faktor Penghambat Dalam Perencanaan Pembangunan Listrik. Sumber data diperoleh dari data primer melalui key informan dari pihak PT.PLN dan informan Kepala desa dan Tokoh masyarakat (ketua RT). Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Perencanaan Pembangunan listrik di Desa Sungai Lunuk Muara Tiq berawal dari mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada, selanjutnya menjadi usulan yang dibahas melalui bentuk musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang dilakukan secara bersama-sama oleh kepala desa serta masyarakat. Adapun faktor yang menghambat dalam proses perencanaan pembangunan listrik ini dikarenakan letak geografis serta akses jalan yang sulit untuk dijangkau serta sarana dan prasarana sumber daya manusia yang relatif rendah. Berdasarkan hasil identifikasi tersebut penyusunan dan penetapan rencana pembangunan listrik melalui Musrenbang dibuat dan dijalankan. Adapun yang menjadi program prioritas melalui Musrenbang yang bertujuan untuk menampung dan mendengarkan seluruh keluh kesah masyarakatnya menganai permasalahan yang ada dan menjadi rujukan didalam mengusulkan setiap prorgam yang akan dibahas.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Perencanaan pembangunan, Pembangunan Listrik
  • NIM: 1302015218
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma M.Si dan Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si