eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR (Nafilah Oktavia)

Submitted by: ,
On: Aug 6, 2018 @ 2:14 AM
IP: 36.84.231.31

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
  • Pengarang (nama mhs): Nafilah Oktavia
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh kompensasi terhadap prestasi kerja pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur. Jenis penelitian ini ialah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun indikator variabel kompensasi (X) yaitu gaji, tunjangan, dan fasilitas, cuti, jaminan pensiun dan hari tua, perlindungan, dan pengembangan kompetensi, sedangkan untuk variabel prestasi kerja (Y) yaitu sasaran kerja pegawai yang meliputi kuantitas, kualitas, waktu, biaya dan perilaku kerja meliputi, orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerjasama. Penentuan sampel menggunakan metode sampel jenuh, dimana seluruh anggota populasi yaitu Pegawai Negeri Sipil di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur yang berjumlah 59 orang pegawai dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, diantaranya observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan uji koefisien korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, dan pembahasan mengenai pengaruh kompensasi terhadap prestasi kerja pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang kuat sebesar 66,6% antara kompensasi dengan prestasi kerja pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur dan pengaruh kompensasi sebesar 44,35% terhadap prestasi kerja pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan sisanya 55,65% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kompensasi, Prestasi Kerja Pegawai
  • NIM: 1302015138
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si dan Dini Zulfiani, S.Sos, M.Si