eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

PERAN PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) “SAHABAT KELUARGA” DALAM PERLINDUNGAN ANAK DARI KEKERASAN DI KOTA BALIKPAPAN (Meuthia Sahda Aniela Firdhauzhya)

Submitted by: ,
On: Aug 9, 2018 @ 4:44 AM
IP: 125.160.79.167

  • Judul artikel eJournal: PERAN PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) “SAHABAT KELUARGA” DALAM PERLINDUNGAN ANAK DARI KEKERASAN DI KOTA BALIKPAPAN
  • Pengarang (nama mhs): Meuthia Sahda Aniela Firdhauzhya
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian untuk mengetahui peran Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) “Sahabat Keluarga” dalam perlindungan anak dari kekerasan serta faktor penghambat dan pendukung peran P2TP2A dalam perlindungan anak dari kekerasan di Kota Balikpapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam skripsi ini mengacu pada Tugas, Pokok, dan Fungsi P2TP2A yaitu peran preventif, peran kuratif dan peran rehabilitatif serta faktor penghambat dan pendukung. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu melakukan wawancara dengan key informan dan informan, dan data sekunder yang berasal dari arsip dan dokumen-dokumen P2TP2A Kota Balikpapan maupun dokumen lain yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan library search dan field work research meliputi observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis data interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan bahwa peran Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) “Sahabat Keluarga” dalam perlindungan anak dari kekerasan di Kota Balikpapan dapat dikatakan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari respon-respon yang diberikan masyarakat saat sosialisasi dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan pada ketiga peran tersebut pada korban. Untuk peran preventif, dimana petugas P2TP2A melakukan berbagai sosialisasi dan penyuluhan ke masyarakat. Untuk peran kuratif, berbagai kegiatan kuratif dilakukan untuk menindaklanjuti kasus pada anak korban kekerasan. Peran rehabilitasi sendiri adalah kegiatan yang dilakukan P2TP2A yang tujuannya untuk mengurangi trauma anak korban kekerasan. Faktor penghambat peran Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anakk (P2TP2A) “Sahabat Keluarga” di Kota Balikpapan adalah minimnya petugas yang dibutuhkan untuk menangani anak korban kekerasan, dan dana yang terkadang tidak mencukupi untuk menangani korban yang mengharuskan mereka menyisihkan sedikit uang mereka untuk kepentingan korban atau klien, sedangkan faktor pendukung P2TP2A Kota Balikpapan adalah pemerintah yang memberikan dana dan payung hukum untuk P2TP2A serta instansi lain yang saling bekerjasama demi menangani kasus kekerasan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran, Perlindungan Anak, Kekerasan, P2TP2A Kota Balikpapan
  • NIM: 1302015010
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si