eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KOTA BALIKPAPAN (Lutfi Listiana)

Submitted by: ,
On: Oct 12, 2018 @ 6:28 AM
IP: 110.139.152.202

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KOTA BALIKPAPAN
  • Pengarang (nama mhs): Lutfi Listiana
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Lutfi Listiana, Kualitas Pelayanan Administrasi Di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan di bawah bimbingan Bapak Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si dan Bapak Dr. M. Zaini, M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan administrasi di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan dan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis faktor penghambat dan pendukung kualitas pelayanan administrasi di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif dari kalimat fokus penelitian terdiri dari: bukti fisik, daya tanggap, keandalan, jaminan, empati, faktor penghambat dan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan administrasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan sudah baik dilihat dari adanya bukti fisik seperti ketersediaan gedung, pegawai, sarana prasarana dan fasilitas-fasilitas Dinas Perpustakaan dan Arsip. Daya tanggap pegawai dilihat dari hasil kamampuan pegawai untuk menyelenggarakan pelayanan yang dijanjikan secara konsisten dan akurat. Kandalan pegawai dilihat dari pemahaman terhadap tugas. Jaminan pegawai dilihat pada kemampuan pegawai dalam memberikan pelayanan yang tepat kepada masyarakat. Empati pegawai sudah baik, dalam memberikan pelayanan. Kepala Dinas dapat mengatasi masalah kurangnya sarana dan prasarana peralatan pegawai dalam hal kearsipan, keterbatasan lemari dan kurangnya ruangan penyimpanan arsip, Kepala Dinas dapat memberikan kesempatan pelatihan kepada pegawai, yang kurang terampil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar pelayanan yang diberikan tidak dinilai lambat dan Kepala Dinas dapat menghimbau kepada pegawai yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar dapat bertatap muka dan memberikan sapaan kepada masyarakat yang menerima pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Arsip.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, Pelayanan, Administrasi.
  • NIM: 1102015223
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si dan Dr. M. Zaini, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 6
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal FIX (10-12-18-06-28-45).doc (129 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal FIX (10-12-18-06-28-45).pdf (239 kB)