eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI NOMOR 5 TAHUN 2015 TENTANG KRITERIA KELULUSAN PESERTA DIDIK DARI SATUAN PENDIDIKAN DAN PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH/PENDIDIKAN KESETARAAN DAN UJIAN NASIONAL DI SMPN 24 KOTA SAMARINDA (Annirdiyani Putri Sitorus)

Submitted by: ,
On: Jul 22, 2019 @ 3:14 AM
IP: 36.74.242.241

  • Judul artikel eJournal: IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI NOMOR 5 TAHUN 2015 TENTANG KRITERIA KELULUSAN PESERTA DIDIK DARI SATUAN PENDIDIKAN DAN PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH/PENDIDIKAN KESETARAAN DAN UJIAN NASIONAL DI SMPN 24 KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Annirdiyani Putri Sitorus
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Komunikasi,Sumberdaya, Disposisi, Struktur Birokrasi, dan faktor penghambat Implementasi Peraturan Menteri Nomor 5 tahun 2015 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional di Smp Negeri 24 Kota Samarinda. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas Kepala Sekolah sebagai key informan, dan informan nya yaitu Kepala Sekolah, Guru, Staf SMP Negeri 24 Kota Samarinda dan Dinas Pendidikan Kota Samarinda. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa dalam Implementasi Peraturan Menteri Nomor 5 tahun 2015 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional di Smp Negeri 24 Kota Samarinda masih belum terlaksana secara efektif, hal ini dikarenakan masih banyak kendala yang menghambat pelaksanaannya diantaranya yaitu masih banyaknya calon peserta ujian nasional yang kurang fokus dalam mengikuti sosialisasi pelaksanaan ujian nasional yang dilakukan oleh lembaga terkait sehingga masih diperlukan strategi yang lebih tepat lagi agar peserta sosialisasi bisa fokus dan paham terhadap materi yang disampaikan. Selain itu untuk sumberdaya manusia(staff pengajar) serta sumber daya modal(fasilitas) yang dimiliki SMPN 24 Kota Samarinda masih minim, hal ini dapat dilihat dari keterbatasan fasilitas ruangan dan komputer, serta staff pengajar yang masih belum menguasai sepenuhnya materi karena masih harus beradaptasi dengan kurikulum yang awalnya KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) 2006 menjadi Kurikulum 2013.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Implementasi,Kriteria Kelulusan,Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer
  • NIM: 1302015216
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Syahrani, M.Si dan Dr. Santi Rande, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 7
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal_FIX_1.2-1[1] (07-22-19-03-14-52).doc (109 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal_FIX_1.2-1[1] (07-22-19-03-14-52).pdf (218 kB)