eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

UPAYA PENGEMBANGAN PARIWISATA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) OLEH DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DI KABUPATEN BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA (Fitri Darmatasia)

Submitted by: ,
On: Feb 12, 2020 @ 9:55 AM
IP: 125.160.67.201

  • Judul artikel eJournal: UPAYA PENGEMBANGAN PARIWISATA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) OLEH DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DI KABUPATEN BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA
  • Pengarang (nama mhs): Fitri Darmatasia
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya pengembangan pariwisata, serta untuk menganalisis kontribusi sektor pariwisata yang dikembangkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terhadap PAD Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Pengembangan Pariwisata yang meliputi : destinasi pariwisata, pemasaran pariwisata, komunikasi informasi dan media massa, sumberdaya pengelola pariwisata, infrastruktur serta kontribusi penerimaan sektor pariwisata yang dikembangkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terhadap penerimaan PAD Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara 3 tahun terakhir. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas yaitu Kepala Dinas sebagai key informan, Kepala Bidang Perencanaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai informan serta masyarakat yang melakukan kunjungan wisata pada obyek wisata di Kabupaten Bulungan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Upaya pengembangan Pariwisata dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara belum memiliki program pengembangan wisata yang rinci karena keterbatasan anggaran yang tersedia dalam upaya pengembangan pariwisata. Dalam pengembangan pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bulungan telah melakukan berbagai upaya promosi terhadap obyek wisata malalui berbagai media komunikasi informasi, meningktkan SDM serta melakukan pengembangan terhadap infrastruktur secara bertahap terhadap destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten Bulungan. Akan tetapi, belum ada regulasi yang jelas mengenai retribusi obyek wisata sehingga obyek wisata belum dapat dimanfaatkan dalam upaya peningkatan PAD Kabupaten Bulungan. Pemerintah telah melakukan kerjasama dengan masyarakat disekitar obyek wisata. Kontribusi penerimaan sektor pariwisata yang dikembangkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terhadap penerimaan PAD Kabupaten Bulungan belum memberikan kontribusi secara signifikan terhadap PAD dikarenakan beberapa obyek wisata belum sepenuhnya dikelola dan dilakukan retribusi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Berdasarkan data yang diperoleh, peneriman dari sektor pariwisata mengalami kenaikan dari total PAD pada tahun 2013-2016 melalui Pajak Hotel, Pajak Resto, Pajak Hiburan dan Pajak Reklame sebesar 0,14% s/d 9,49% dari kontribusi pajak yang dikelola Dinas Pariwisata. Namun pada tahun 2017 kontribusi PAD hanya 3,16% menurun dari tahun sebelumnya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pengembangan Pariwisata
  • NIM: 1302015268
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Bambang Irawan, M.Si dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 8
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJOURNAL B (02-12-20-09-55-04).docx (44 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL B (02-12-20-09-55-04).pdf (199 kB)