eJournal Ilmu Administrasi Negara

Fisip Universitas Mulawarman

IMPLEMENTASI TUGAS DAN FUNGSI PELAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR KELURAHAN TELUK LINGGA KECAMATAN SANGATTA UTARA KUTAI TIMUR (KRISTHINA RAMBA )

Submitted by: ramba, kristhina
On: Jan 28, 2014 @ 9:55 AM
IP: 125.160.72.225

  • Judul artikel eJournal: IMPLEMENTASI TUGAS DAN FUNGSI PELAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR KELURAHAN TELUK LINGGA KECAMATAN SANGATTA UTARA KUTAI TIMUR
  • Pengarang (nama mhs): KRISTHINA RAMBA
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Tugas dan Fungsi Pelayanan Administrasi di Kantor Kelurahan Teluk Lingga Kutai Timur dan untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung Tugas dan Fungsi Pelayanan Administrasi di Kantor Kelurahan Teluk Lingga Kutai Timur. Metode Penelitian, Teknik Pengumpulan Data dilakukan dengan cara library research dan field work research yaitu observasi, wawancara langsung dengan responden, arsip-arsip dan dokumen yang ada di Kelurahan Teluk Lingga. Sumber Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model deskripsif kualitatif yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa tugas dan fungsi pelayanan yang ada dikelurahan Teluk Lingga cukup baik, sehingga masyarakat tidak perlu untuk bersusah-susah dalam pengurusan surat-surat permohonan yang ada di kelurahan Teluk Lingga dan para petugas juga memudahkan masyarakat yang ingin mengurus surat-surat permohonan dengan menempelkan persyaratan yang harus dilengkapi dalam setiap pengurusan . Dalam penelitian ini penulis menemukan hambatan dalam implementasi tugas dan fungsi pelayanan, yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang ada di Kelurahan Teluk Lingga dan keterbatasan kapasitas sember daya aparatur dalam hal ini petugas Kelurahan mengenai prosedur pelayanan, fasilitas dan bantuan pelayanan masih standar, sehingga program ini menjadi tidak tepat sasaran . Hal tersebut secepatnya menjadi perhatian pemerintah agar dalam pelaksanaannya masyarakat lebih terbantu dalam penggurusan pelayanan yang tidak berbelit-belit tersebut, dengan begitu tujuan negara Indonesia pun dapat tercapai yaitu untuk melindungi hak asasi manusia untuk mendapatkan pelayanan baik dan cepat secara merata.

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): IMPLEMENTASI TUGAS DAN FUNGSI PELAYANAN ADMINISTRASI
  • NIM: 0902015041
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Achmad DJumlani, M.Si dan Drs. H. Burhanudin, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 1
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 02_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_genap (01-28-14-09-55-48).doc (124 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 02_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_genap (01-28-14-09-55-48).pdf (333 kB)